Selasa, 26 November 2019

5 Tips menjual emas perhiasan tanpa rugi dan tertipu

بِسْــــــــــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

5 Tips menjual emas perhiasan
tanpa rugi dan tertipu

Emas merupakan jenis investasi yang di gemari setiap orang karena stabil dari inflasi dan harganya cenderung terus mengalami kenaikan, emas pun sekarang banyak modelnya ada yang emas batangan, emas mini, bahkan emas perhiasan yang biasanya di sukai emak-emak (hehe 😂). Mungkin alasan emak-emak beli emas perhiasan adalah selain investasi, juga bisa dipake (biar tambah cantik di depan suaminya) dan jualnya cepat (kalau lagi kepepet atau butuh duit, 😓).

Nah pas jual emas ini kadang dimanfaatkan oknum toko emas yang nggak jujur, jadi tulisan ini terinspirasi dari pengalaman orang-orang terdekat saya. Cerita dikit ya, dulu orang terdekat saya, sebut saja mawar 💥 (samaran) menjual emasnya untuk suatu keperluan. Ternyata uang penjualan emasnya lebih sedikit dari yang harus di terima, padahal harga emas lagi naik loh! Jadi rugi deh, kenapa mawar bisa tertipu? Nanti bersambung di tips yaa,

Jadi berikut ini tips menjual emas perhiasan tanpa rugi dan tertipu:

1.     Ketahui harga emas saat kamu ingin jual

Sekarang mudah loh cari informasi harga emas terkini, cari aja di google tentang harga jual emas hari ini atau bisa juga cek di aplikasi Buka LBapak (bukan promosi ya), disana ada info harga jual emas ter-update. Atau kalau gak ketemu juga bisa pura-pura mau beli sama penjual toko emasnya, bilang aja “bang/mas harga emas ini berapa segramnya (sesuaikan ya dengan kadar emas yang mau kamu jual)?”.
Kenapa sih harus tau harga emasnya? Gini, soalnya kalo kita gak tau harga emas saat itu, kita bisa kena tipu loh seperti kasus si mawar ketika harga naik kok dapat duitnya dikit.

      gambar ilustrasi : cari tau harganya 😍😍😍

2.    Jual-lah emas perhiasan di tempat kamu membelinya
Jadi begini, biasanya kalo kita jual emas di toko selain tempat kita beli, bisa di tolak atau harganya turun drastis jadi walau harga lagi emas naik, malah jadinya kamu rugi deh (apalagi jika jual karena butuh duit 😂😂😂).
       

3.    Bawa surat-surat emasmu ya
Sebenarnya poin 2 dan 3 masih saudara kandung, jadi kamu jualnya harus di toko tempat beli emasmu yaa dan jangan lupa bawa surat-suratnya, kalo nggak nanti harga emasmu jatuh loh (di jual murah) kan rugi.



4.    Ketahui teknik toko emas dalam ngibulin penjual emas pemula dan cara menghadapinya
Jadi begini kembali ke mawar, ketika ia menjual emasnya si abang/mbak toko emas bilang, harganya sesuai nota ya?? Jadi maksudnya sesuai harga waktu dulu kamu beli emas? (rugi dong 😂 soalnya harga emas selalu naik yo), atau apapun tekniknya yang intinya mau bikin harga emasmu sesuai harga nota/surat dulu kamu beli, bukan harga jual terbaru. Jadi gimana cara menghadapi situasi ini? Sabar-sabar saya jawab kok 😵😁

Cara ketika menghadapi modus penipuan ini:

·         Tetap tenang, walaupun kamu butuh banget duit 👮
Kenapa? Karena kalo kamu grasak grusuk pasti si abang/mbak toko emas tau kamu lagi butuh duit jadi gak masalah jual emas walau murah (jadi mudah di tipu).

·         Jika si toko emas ngotot/ngeyel/bersikeras bilang harga sesuai nota/surat waktu beli, maka caranya adalah kamu jawab balik (gertak), yaudah saya gak jadi jual, saya beli aja emasnya ya sesuai harga nota/kwitansi ini, saya beli 20 gram (misalnya). Pasti si toko emas itu langsung takut dan gak berani dan jual emas kamu pake harga terkini. Tapi cara ini sebetulnya bisa di atasi dengan tips no.1 yaitu tau dulu harga emas terkini.

5.    Beli lah emas pada toko yang jujur penjualnya
Mungkin ada yang bilang, sekarang mah nyari yang jujur susah. Saya rasa sih nggak juga, Insya Allah masih ada pedagang di luar sana yang jujur (walau memang nggak banyak). Kenapa beli di toko emas yang jujur? Yaa tentu pasti dia gak mau nipu kamu lah, baginya jujur adalah prinsip (bagi saya juga sih).


6.    Tips bonus : saran aja nih, mending investasi emas batangan 😍
Saran saya sih kalo kamu mau buat investasi ya beli emasnya yang batangan, model antam atau emas mini juga ada. Soalnya emas ini gak mudah di tipu saat jualnya, karena bisa di jual lagi ke tempat resmi beli emasnya atau ke pegadaian juga bisa jualnya, tapi usahakan investasi emas buat jangka panjang yaa, soalnya selisih harganya bisa lebih mantap, hehe.

Alhamdulillah udah kelarkan bacanya, semoga bermanfaat. Saya tulis ini agar kita tetap waspada dan gak rugi saat jual emas perhiasan, semoga peristiwa mawar tidak terjadi padamu. Terima kasih udah baca sampe kelar. 😁

Oh yaa, jangan pelit informasi yaa, bagikan ke yang lain biar tambah berkah, 

follow juga yaa akun instagram saya, salam kenal.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon

Entri Populer