Jumat, 23 Desember 2016

15 Tips Cerdas Mengatur Waktu

بِسْــــــــــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم



15 Tips Cerdas Dalam Mengatur Waktu

Waktu merupakan bagian yang tak terlepaskan dari kehidupan seorang manusia, ia adalah kesempatan yang dapat menentukan kebahagian dan kerugian sejati seseorang. Oleh karena itu sangatlah penting bagi setiap Muslim untuk memperhatikan waktunya.

Hasan Al Bashri rahimahullah mengatakan :
wahai manusia, sesungguhnya kalian hanyalah kumpulan hari. Tatkala satu hari itu hilang, maka akan hilang pula sebagian dirimu (Hilyatul Awliya’, 2/148, Darul Kutub Al ‘Arobi).
Ibnul Qoyyum rahimahullah mengatakan:
Waktu manusia adalah umurnya yang sebenarnya. Waktu tersebut adalah waktu yang dimanfaatkan untuk mendapatkan kehidupan yang abadi, penuh kenikmatan dan terbebas dari kesempitan dan adzab yang pedih. Ketahuilah bahwa berlalunya waktu lebih cepat dari berjalannya awan (mendung). Barangsiapa yang waktunya hanya untuk ketaatan dan beribadah kepada Allah, maka itulah waktu dan umurnya yang sebenarnya. Selain itu tidak dinilai sebagai kehidupannya, namun hanya teranggap seperti kehidupan binatang ternak. Jika waktu hanya dihabiskan untuk hal-hal yang membuat lalai, hanya untuk sekedar menghamburkan syahwat(hawa nafsu), berangan-angan yang batil, hanya dihabiskan dengan banyak tidur dan digunakan dalam kebatilan (kesia-siaan), maka sungguh kematian lebih layak bagi dirinya. (dalam Al Jawabul kafi, 109).

Oleh karena pentingnya waktu, tentu kita harus mampu mengaturnya dengan bijak dan cermat. Berikut ini beberapa tips pilihan mengatur waktu. Yang penulis kutip dari E-Book yang berjudul : “50 Cara Cerdas menggunakan Waktu” yang diterjemahkan oleh M. Arief Maulana dari buku Smart Way Save Your Time.
Silahkan berkunjung ke blog beliau : ariefmaulana.com


Berikut 15 tips dan motivasi pilihan dari E-Book tersebut, semoga kita mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam amal kebaikan. aaaminnnn

1. Waktu adalah penyeimbang yang luar biasa, tak peduli siapa anda atau dimana anda hidup dimuka bumi ini, kita semua memiliki waktu 24 jam yang sama dalam satu hari. Waktu anda sumber yang sangat berharga, jangan pernah sia-siakan waktu.

2. Benda-benda yang berserakan dirumah dapat memperlambat anda, dengan cara mengalihkan perhatian dari apa yang sebenarnya yang ingin anda lakukan. Untuk mengontrolnya, bersihkan dan tata rapi semua benda setiap kali anda melakukan suatu pekerjaan.

3. Apakah anda seringkali merasa khawatir dengan apa yang anda lakukan?
Jangan membuang-buang waktu dengan selalu merasa gelisah memikirkan banyak waktu yang akan anda habiskan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Merasa gelisah akan mebuat anda merasa tidak nyaman dan hanya menghabiskan energi saja. Pilih satu pekerjaan yang membutuhkan banyak pergerakan, selesaikan dan beri penghargaan atas diri anda. Menyelesaikan sesuatu dan mendapat penghargaan akan membuat anda merasa lebih baik.


4. Apakah anda selalu tiba di kantor (sekolah, kampus dll) setiap pagi merasa lelah karena banyak melakukan persiapan sebelum meninggalkan rumah?.
Siapkan keberangkatan anda pada malam hari sebelumnya, taruhlah jaket, koper, kunci mobil didekat pintu dengan posisi siap dibawa. Aktifkan alarm anda 15 menit lebih awal, dengan demikian anda akan memulai hari degan lebih baik.

5. Jika anda tidak ingin melupakan tugas-tugas yang harus anda lakukan di beberapa hari mendatang. Maka tulislah dalam buku catatan/agenda, jangan hanya mengingatnya dikepala. Setelah menulisnya, anda bisa melupakannya. Sekarang anda dapat berkonsentrasi untuk pekerjaan yang lebih penting.

6. Jika anda menghabiskan waktu 10 menit setiap harinya untuk mencari barang-barang yang lupa dimana menaruhnya, maka anda membuang lebih dari 60 jam setiap tahun. Mulai sekarang rapikan barang-barang anda ditempat yang mudah terjangkau.

7. Apakah anda pernah berfikir untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk mengisi waktu yang tercuri anda? Jika anda mengatahui bahwa anda akan menunggu ketika janjian dengan seseorang, atau makan siang anda akan ditunda setengah jam lagi, maka anda perlu menggunakan waktu tersebut untuk membaca buku, menulis rencana dalam buku kecil anda atau pekerjaan kecil lainnya yang bermanfaat.

8. Apakah anda memiliki kesulitan berkonsentrasi? Atau anda membutuhkan waktu 2 jam untuk mengerjakan pekerjaan/tugas yang sebenarnyaa bisa dikerjakan dalam waktu 45 menit, hanya karena tidak bisa berkonsentrasi? Kemampuan konsentrasi bisa dipelajari dan ditingkatkan dengan banyak latihan. Misalnya membaca dan memahami data statistik dalam laporan teknis yang rumit selama 30 menit. Berhentilah selama 10 menit, lalu fokuslah kembali pada yang anda baca. Lakukan ini secara rutin, niscaya kemampuan konsentrasi anda akan meningkat.

9. Apakah daftar “list to do ” harian anda dipenuhi dengan banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan? Jangan ragu untuk menentukan prioritasnya. Pilih maksimal 3 tugas penting yang memungkinkan anda kerjakan setiap harinya. Ingat! Seorang manajer yang sangat efektif hanya memilih 3 tugas yang menjadi prioritas utama setiap harinya.

10. Apakah anda pernah berfikir untuk menulis daftar pekerjaan yang seharusnya tidak dilakukan? Daftar ini meliputi pekerjaan yang hasilnya sangat sedikit atau tidak berarti. Untuk mengetahui suatu tugas /pekerjaan itu penting atau tidak, tanyakan pada diri sendiri “apa akibat terburuk jika saya tidak melakukan pekerjaan itu?” jika jawabannya “tidak ada” atau “tidak banyak”, maka jangan lakukan pekerjaan itu.

11. Hal terburuk dari menunda-nunda pekerjaan adalah pekerjaan tersebut akan terus membesar dan semakin menumpuk, apalagi jika ada orang yang berkata pada anda “mengapa lambat sekali, ini bukan pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya”. Karena itu hindari menunda-nunda pekerjaan, sekalipun pekerjaan itu terlihat kecil dan remeh.

12. Jangan berkeringat hanya karena melakukan hal-hal kecil. Jika anda menggunakan waktu hanya untuk hal-hal remeh, anda tidak akan pernah menyelesaikan apapun, pilih tugas atau pekerjaan besar dengan hasil besar, simpan energi dan waktu anda untuk melakukan sesuuatu yang peting.

13.  Rasa bersalah adalah musuh besar dalam menghemat waktu. Jangan menyia-nyiakan waktu dengan terus menyalahkan diri sendiri. Apa yang terjadi, biarlah terjadi dan camkan bahwa yang penting bukan pada kesalahan tersebut, tetapi bagaimana anda bisa belajar dari kesalahan tersebut dan bagaimana anda bisa bangkit dari keterpurukan.

14. Jika anda hanya memfokuskan pada pekerjaan yang menjadi prioritas utama pada setiap harinya, maka pekerjaan anda akan berakhir lebih baik dan waktu tidak akan terbuang percuma (biarkan pekerjaan kecil berlalu).

15. Ketika anda berkonsentrasi pada suatu pekerjaan, semetara anda harus berhenti karena ada janji bertemu dengan seseorang, atau karena suatu selaan penting lainnya, atau karena harus pulang, maka tuliskanlah untuk diri sendri  “catatan tugas” yang harus anda lakukan. Jangan membuang waktu sia-sia dengan memikirkan apa yang harus saya lakukan” ketika, anda kembali melakukan tugas atau pekerjaan anda.

Itulah 15 tips pilihan dalam mengatur waktu yang efektif dari E-Book “50 Cara Cerdas menggunakan Waktu”. Tips tersebut merupakan tips-tips umum namun kita dapat menyesuaikannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam melakukan ama-amal kebaikan yang bernilai ibadah.


Silahkan, Download pula E-Book nya:

50 Cara Cerdas Menggunakan Waktu

Semoga kita menjadi hamba-hamba Nya yang senantiasa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk kebaikan dan ketaatan pada Nya.
Wallahu A’lam

Depok, 24 Rabi’ul Awal 1438 H/
23 Desember 2016 M

Pukul 20:39


EmoticonEmoticon

Entri Populer